bctegal

Sosialisasikan Penilaian DBHCHT Pada 7 Pemerintah Kabupaten/Kota


Posted : 19 Mar 2020

TEGAL (11/2/2020) – Bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Tegal, para perwakilan dari tujuh Bagian Perekonomian Sekda Pemerintah Daerah dan tujuh Satuan Polisi Pamong Praja berkumpul guna menggali pengetahuan mengenai penilain pemanfaatan DBHCHT (dana bagi hasil cukai hasil tembakau) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 139/PMK.07/2019. Perwakilan tersebut berasal dari Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Pemalang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Batang.

Acara tersebut dipandu langsung oleh Kepala Seksi KIP Bea Cukai Tegal, Lucia Itaning Prasetya dengan pemateri yang berasal dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, Wirmansyah Lukman dan Agung Pudianto, serta Wahyu Jaya Sembodo selaku Kasubbag Perindustrian dan Perdagangan Biro Perekonomian, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah.
Secara umum dijelaskan bahwa DBHCHT wajib dimanfaatkan oleh pemda untuk 5 kegiatan utama, yaitu:
1. Peningkatan kualitas bahan baku;
2. Pembinaan industri;
3. Pembinaan lingkungan sosial;
4. Sosialisasi ketentuan di bidang cukai; dan/atau
5. Pemberantasan barang kena cukai (BKC) ilegal
Dimana kegiatan-kegiatan tersebut disingkronisasikan dengan kegiatan yang didanai dari APBD setempat. Dan DBHCHT tersebut wajib dialokasikan paling sedikit 50% untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional.

Disamping diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan DBHCHT sesuai peruntukannya, Pemda juga berkewajiban untuk menyampaikan laporan penggunaan DBHCHT dan laporan kinerjanya sebagai bahan penilaian oleh Kementerian Keuangan.

Dengan ini diharapkan pemanfaatan DBHCHT semakin terukur dan dapat dimaksimalkan seefektif mungkin, pungkas Kepala Kantor Bea Cukai Tegal dalam sambutannya.



Dibaca : 15 kali

Komentar

    belum ada komentar

Tulis Komentar


Masukan kode berikut
Jika kode tidak tampak, refresh browser anda.

Kode Acak



Jumlah Komentar : 0
Untitled Document
Untitled Document

Hak Cipta KPPBC TMP C Tegal | Peta Situs
KPPBC TMP C Tegal Jl. Sumbawa No 2 Tegal, Jawa Tengah Telp. (0283) 323311