PENGUSAHA PENGURUSAN JASA KEPABEANAN (PPJK)

Pengertian PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) adalah :

Badan usaha yang melakukan kegiatan pengurusan pemenuhan kewajiban pabean untuk dan atas kuasa Importir atau Eksportir.

Kewajiban pabean adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh importir atau eksportir dalam rangka memenuhi segala aturan yang ditetapkan untuk dapat mengimpor atau mengekspor barang agar dipenuhinya hak-hak keuangan negara dan perlindungan industri dalam negeri.

Eksportir maupun importir dapat menggunakan jasa perusahaan PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeananuntuk dapat membantu pelaksanaan kegiatan eksport maupun impor barang.

Untuk dapat melakukan pengurusan jasa kepabeanan, PPJK wajib memiliki nomor identitas berupa Nomor Pokok Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (NPPPJK). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)  PMK Nomor 179/PMK.04/2016 Tentang Registrasi Kepabeanan

NPPPJK berlaku di seluruh Kantor Pabean di Indonesia dan berlaku sampai dengan ada pencabutan oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai atau Pejabat yang ditunjuknya.  

Apakah harus menggunakan PPJK?

Jawabannya TIDAK! Setiap perusahaan dapat melakukan sendiri kegiatan mengimpor ataupun mengekspor barang. Banyak alasan PPJK diperlukan antara lain: perusahaan kekurangan SDM , tidak ingin direpotkan dengan proses clearance barang atau perusahaan belum memahami betul proses Kepabeanan. Alasan terakhir ini yang mendorong kami membuat blog Kepabeanan dan Cukai : Untuk mengedukasi masyarakat bahwa Legal itu mudah dan Bea Cukai hadir untuk melayani anda. Seluruh KPPBC dengan senang hati akan melayani konsultasi mengenai kepabeanan tanpa dipungut biaya alias GRATIS. 

Saat ini seluruh proses penyelesaian kewajiban kepabeanan sudah sangat mudah, cepat, transparan, terbuka, efektif dan efisien, hal ini sejalan dengan misi DJBC untuk memfasilitasi perdagangan dan membantu industri dalam negeri.

Leave a Reply